Hindari 5 Kebiasaan Buruk Saat Bangun Tidur Ini!


Berita Terkini - Kebiasaan buruk saat bangun tidur bisa berpengaruh terhadap kesehatan. Menjaga kesehatan diri merupakan kewajiban setiap individu. Kitalah yang bertanggung jawab kepada kesehatan diri kita sendiri, bukan dokter dan juga bukan orang lain karena kitalah yang mengerti tentang keadaan diri kita. Baru kalau kita mengalami kesulitan, kita harus meminta bantuan dari seorang profesional, seperti bidan dokter dan lain sebagainya.

Pentingnya Kesehatan bagi Kita

Sehat secara jasmani dan rohani merupakan tujuan setiap orang. Bila kita sehat, kita bisa melakukan fungsi kita secara maksimal. Dengan memiliki kesehatan yang prima, kita bisa menikmati hidup dengan menyenangkan. Anda bisa melakukan banyak hal untuk mencapai cita-cita anda. Anda juga bisa sukses dalam hidup dan berguna bagi banyak orang di sekitar anda.

Pentingnya Aktivitas Tidur

Tidur merupakan aktivitas rutin yang kita lakukan setiap hari. Tidur adalah keinginan alami tubuh untuk istirahat. Itulah kenapa bila kita ngantuk dan rasa kantuk ini tidak bisa ditahan. Saat kita tertidur, maka banyak organ tubuh yang beristirahat. Dalam tidur pula, sel-sel tubuh mengalamai regenerasi. Ketika kita bangun tidur, maka badan kita akan segar dan merasa lebih sehat.

5 Kebiasaan Buruk Saat Bangun Tidur

Tahukan anda bahwa, kebiasaan buruk saat Anda bangun tidur bisa berpengaruh terhadap kesehatan diri anda. Agar tidur anda bisa bermanfaat dan tubuh anda menjadi lebih sehat, maka anda harus menghindari berapa kebiasaan buruk saat bangun tidur seperti berikut di bawah ini : 

1.      Jangan langsung berdiri atau beranjak dari tempat tidur
Ketika anda dalam posisi tidur, maka tekanan darah dalam seluruh tubuh anda dalam posisi sama. Hal ini karena ketika tidur posisi kepala anda dalam posisi rata dengan anggota tubuh lainnya. Bila anda tiba-tiba bangun dan beranjak berdiri maka tekanan darah di kepala akan turun secara tiba-tibaTekanan darah yang tiba-tiba ini akan menyebabkan anda merasa mual dan kadang muntah. Untuk menghindari hal ini terjadi anda harus:
·         Diam beberapa saat lalu duduklah di sisi tempat tidur.
·         Lakukan sedikit peregangan seperti menggerakkan tangan, kepala kaki secara perlahan
·         Baru setelah itu anda berdiri

2.      Tidak melakukan sarapan
Aktivitas fisik anda memang istirahat ketika anda tidur. Namun aktivitas organ tubuh lainnya tetap berjalan, khususnya organ pencernaan. Nah, sarapan pagi hari sangat baik untuk pemenuhan nutrisi dan energi yang akan anda gunakan untuk kegiatan hari itu. Setelah bangun, minumlah air hangat atau air lemon, lalu tunggu sekitar seperepat jam, baru anda menikmati sarapan pagi anda.

3.      Mandi air panas di pagi hari
Mandi air panas di pagi hari memang sangat menyenangkan. Namun demikian, yang dianjurkan adalah mandi dengan air hangat yang suhunya hampir sama dengan suhu tubuh kita. Setelah itu, siram kaki anda dengan air dingin agar kaki tidak bengak.

4.      Langsung menatap layar ponsel
Kebiasaan buruk saat bangun tidur lainnya adalah langsung menatap ponsel. Hal ini tidak dianjurkan kerena bisa membuat mata anda tidak sehat. Setelah bangun tidur, keluarlah dari rumah, lihatlah tumbuh-tumbuhan dan tataplah jauh-jauh ke langit. Hal ini penting agar mata anda menjadi lebih sehat

5.      Meninggalkan rumah dengan rasa pesimis
Bila anda merasa pesimis di pagi hari, maka keseluruhan hari anda tidak akan menyenangkan. Untuk itu, mulailah hari anda dengan selalu berpikir positif.

Menjaga kesehatan fisik dan mental penting untuk anda lalukan. Dengan menghidari 5 kebiasaan buruk saat bangun tidur di atas, diharapkan anda bisa hidup sehat dan prima.

Comments