Ini Dia 4 Jenis Ambeien yang Perlu Anda Ketahui!



Berita Terkini - Ada beberapa jenis ambeien yang kita harus ketahui. Seperti kita ketahui bersama bahwa, mempunyai masalah ambeien memang sangat mengganggu. Penyakit ambien atau sering juga disebut dengan penyakit wasir adalah salah satu penakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Dalam kesempatan ini, kita akan bahas tentang beberapa ambeien dan penjelasannya. Sebelum kita melangkah lebih jauh ada baiknya kita bahas terlebih dahulu tentang apa itu penyakit ambeien.

Pengertian Penyakit Ambeien

Yang dimaksud dengan penyakit ambeien adalah suatu kondisi dimana terjadi pembengkakan dan peradangan dari pembuluh darah yang ada pada usus besar bagian akhir dan juga di sekitar anus. Penyakit ambeien ini bisa menimbulakn kemerahan, gatal dan rasa sakit. Penyakit amebien juga sering disebut dengan haemorrhoid. Penyakit Haemorhoid bisa menyerang siapa saja. Dilaporkan bahwa hampir separuh dari populasi dunia pernah terserang ambeien.

Tanda dan Gejala Ambeien

Tanda dan gejala ambeien sangat beragam tergantung dari lokasi terjadinya embeien dan juga tingkat keparahan penyakit embeien itu sendiri. Namun secara umum, gejala berbagai jenis ambeien adalah sebagai berikut:
·         Adanya darah ketika BAB dan penderita tidak merasakan nyeri
·         Adanya rasa gatal pada daerah rectum
·         Adanya rasa nyeri pada daerah anus
·         Adanya pembengkakan dan benjolan yang sensitive pada daerah anus.

Jenis Ambeien yang Harus Anda Ketahui

Anda yang menderita ambeien harus mengetahui jenis ambeien yang ada. Dengan mengerti dan memahami jenis dan ragam ambeien anda akan bisa mengidentifikasi jenis apa yang anda alami. Berikut adalah 4 macam ambeien yang harus dimengerti:

1.      Ambeien internal
Secara umum, ambeien internal adalah adanya embeien yang terjadi di rectum atau anus bagian dalam. Ambeien ini terletak di dalam sehingga tidak bisa dilihat dengan mata biasa. Ambeien jenis ini secara umum tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya. Meskipun peradangan bisa terjadi tetapi tidak sampai menyebabkan keluhan yang berarti.

2.      Ambeien eksternal
Ambien eksternal bisa terjadi dan bisa ditandai dengan adanya warna keunguan di daerah anus. Anbeiennya sendiri tidak nampak tetapi jenis ambeien ini bisa terluka dan ketika BAB tidak dibersihkan dengan baik maka akan terkontaminasi dengen feces yang bisa menyebabkan infeksi. Nah, bila sudah infeksi biasanya dokter akan memberikan olebt antibiotik dan obat lainnya seperti anti bengkak dan anti nyeri untuk mengurangi gejala yang sangat mengganggu.

3.      Ambeien prolaps
Ambeien yang berupa benjolan kadang bisa keluar dari dubur dan untuk memasukannya anda harus menekannya ke dalam. Pada tahapan tertentu benjolan tersebut tidak bisa dimasukan ke dalam dan menimbukan rasa sakit panas dan perih. Dalam tahapan tertentu operasi harus dilakukan untuk mengangkat ambeien agar tidak menimbulkan komplikasi lainnya yang lebih berbahaya.

4.      Ambeien thrombosis
Ambeien thrombosis adalah jenis wasir yang terbentuk dari gumpalan darah yang membeku yang lama-lama menjadi sebuah benjolan. Ambeien jenis ini bisa terjadi pada ambeien enternal maupun pada ambeien eksternal. Dengan adanya penggumpalan dari ini, kadang menyebakan supply darah ke daerah anus bisa berkurang.
Kita harus berhati-hati bila mempunyai ambeien agar tidak pecah yang bisa menyebabkan pendarahan. Bila anda memiliki masalah dengan ambeien, ada baiknya anda secepatnya mencari pertolongan dokter bedah terdekat. Semoga ulasan tentang 4 jenis ambeien di atas bisa berguna dan bermanfaat bagi kita semua.




Comments