Header Ads

header ad

Inilah 7 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung



Jumlah penderita asam lambung sangat banyak karena asam lambung merupakan masalah umum yang kadang malah disepelekan. Masalah asam lambung memang tidak mengancam jiwa, tetapi bila tidak diatasi dengan benar, bisa menyebabkan peptic ulcer yang bisa menimbulkan perdarahan dalam saluran cerna.

Pengertian Penyakit Asam Lambung
Penyakit asam lambung adalah suatu keadaan dimana jumlah cairan asam dalam lambung meningkat dengan tajam. Bila jumlah cairan asam meningkat maka bisa naik ke atas dan masuk ke kerongkongan. Ini yang menyebabkan penderita mulai merasakan rasa tidak nyaman pada kerongkongan dan bisa merasakan cairan lambung naik ke atas. Penderita asam lambung biasanya baru mencari pertolongan bila mereka merasa terganggu dengan kondisi yang dihadapi.

Penyebab Asam Lambung

Asam lambung secara normal memang sudah ada di dalam lambung. Fungsi asam lambung sendiri adalah untuk membunuh kuman yang masuk. Nah, bila jumlah asam lambung terlalu banyak bisa menyebabkan masalah. Penyebab asam lambung meningkat banyak sekali, mulai dari stress hingga faktor makanan. Penderita asam lambung dianjurkan untuk menghindari beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan jumlah asam lambung.

7 Makanan yang Harus Dihindari oleh Penderita Asam Lambung

Meningkatnya kadar asam lambung sering kali dipengaruhi oleh faktor makanan yang kita konsumsi. Penderita asam lambung tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini.
1.      Soda
Minuman yang mangandung soda harus dihindari bila anda memiliki masalah dengan asam lambung. Minuman yang memiliki karbonasi tinggi ini bisa meningkatkan kadar asam lambung anda dengan cepat. Terlebih lagi minuman bersoda yang mengandung kafein harus dihindari karena kafein sendiri bisa meningkatkan asam lambung.
2.      Gorengan
Gorengan memang sangat menarik, namun anda harus menghindarinya bila anda memiliki masalah asam lambung. Gorengan bukan saja bisa menyebabkan kadar asam lambung meningkat tetapi juga bisa memicu meningkatnya kadar kolesterol dalam darah.
3.      Coklat
Coklat memang lezat. Namun demikian, bila anda mempunyai masalah dengan asam lambung ada baiknya anda menghindari makan coklat. Coklat mengandung kafein yang bisa meningkatkan kadar asam lambung. Dalam coklat juga terdapat zat yang disebut dengan theobromine yang bisa menyebabkan reflux. Dark coklat berdampak lebih buruk daripada milk coklat, namun keduanya sama-sama bisa menyebabkan asam lambung.
4.      Kafein
Minum Kopi secara berlebihan tidak baik untuk lambung anda. Kopi bisa memicu meningkatnya asam lambung dan menyebabkan reflux. Saat ini, ada kopi dengan kadar asam yang rendah dan anda bisa mencobanya. Selain kopi, teh juga mengandung kafein. Bila ingin minum teh, cobalah teh herbal yang tidak mengandung kafein.
5.      Citrus
Jeruk bali, jeruk nipis dan semua jenis jeruk lainnya tidak baik bila dikonsumsi secara berlebih, khusunya bila anda memiliki masalah asam lambung.
6.      Susu berlemak tinggi
Produk susu seperti mentega keju semuanya bisa menyebabkan reflux. Satu olahan susu yang baik untuk lambung adalah susu fermentasi atau yogurt. Pilihkan plain yougurt tanpa perasa dan bahan olahan lainnya.
7.      Tomat
Penderita asam lambung tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah tomat secara berlebihan. Apalagi saus tomat yang mengandung asam sitrat dan asam malat yang bisa meningkatkan asam lambung.

Asam lambung merupakan jenis masalah kesehatan yang jamak diderita oleh masyarakat Indonesia. Makanan menjadi faktor utama penyebab masalah kesehatan yang satu ini. Penderita asam lambung disarankan untuk tidak mengkonsumsi beberapa makakan yang sudah disebutkan di atas.

No comments

Powered by Blogger.